Kamis, 21 Februari 2013

TIPS MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Jantung, yah jantung bisa dibilang kalau organ yang satu ini adalah organ  terpenting bagi manusia.
jantung adalah organ yang tetap aktif bahkan saat kita tidur sobat. Karena sebab itulah kita tidak boleh menyepelekan kesehatan jantung jika sobat sekalian ingin hidup sehat dan akan berumur panjang.
 
Kita  bisa membiasakan diri untuk mulai menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Dan kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan apa yang bisa kita makan sobat.
Serangan jantung dapat  disebabkan karena pembuluh darah tersumbat oleh lapisan lemak sehingga dapat ,menghambat aliran darah. Namun bukan berarti kita tidak membutuhkan lemak sobat, lemak dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. 

Ada banyak banyak cara untuk membyat jantung sobat sekalian tetap sehat, namun ada 6 faktor penting yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:



1. Mengurangi lemak dalam tubuh
Seperti diawal yang saya katakan ,meskipun lemak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, namun lemak yang berlebih akan berdampak negatif bagi tubuh, selain akan menyebabkan obesitas, lemak juga akan menyumbat aliran darah sehingga akan menyebabkan serangan jantung. Mulailah mengonsumsi banyak sayuran,susu rendah lemak, ganti minyak sayur yang biasa gunakan dengan minyak zaitun.

2. Kurangi mengonsumsi garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam banyak kaitannya dengan timbulnya tekanan darah tinggi. Anjuran mengonsumsi garam hanyalah 6g sehari jika lebih dari itu resiko terkena serangan jantung akan lebih tinggi. Kurangi jumlah garam saat memasak dan mencoba untuk tidak menambahkan garam disetiap makanan yang sobat makan.

3. Olahraga Secara Teratur
Mulai sekarang sempatkanlah berolahraga. Olahraga secara teratur akan meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah. 30 menit latihan kardio setiap hari sudah cukup untuk tetap menjaga kesehatan jantung sonbat sekalian.

4. Jaga berat badan
Terlalu banyak kalori, makanan berlemak, dan kelebihan berat badan benar-benar buruk bagi Anda. Ini menempatkan tekanan ekstra dan ketegangan pada hati kita, membuat kita merasa lesu dan de-energized dan mempengaruhi citra diri  dan kepercayaan diri sobat sekalian. Cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran, kurangi makanan manis, makan lebih banyak karbohidrat dimurnikan seperti roti biji, sereal dan pasta gandum. Serat larut yang disebut juga dapat membantu mengurangi kolesterol dan terdapat pada gandum, kacang-kacangan dan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong dan kacang panggang.

5. Berhenti merokok
Berhenti merokok adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat sobat lakukan. Ini secara dramatis memotong kesempatan untuk kita terhindar dari penyakit jantung, pernapasan , kanker dan emphysema. Jika sobat telah memiliki serangan jantung dan dengan berhenti merokok akan mengurangi resiko yang kedua.

6. Pikirkan perubahan gaya hidup daripada diet
Dengan hidup dan makan dengan cara yang sehat,sobat akan merasa lebih baik, lebih bersemangat, lebih percaya diri dan bahagia.
Memonitor status kesehatan sobat. Tetap memeriksa indeks massa tubuh sobat sekalian. Dapatkan mesin tekanan darah dan mengawasi tekanan darah 

7. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup ,minimal 8 jam perhari akan membuat jantung dan organ- organ tubuh lainnnya lebih sehat dan bekerja secara efektif. Kurangi tidur hingga larut malam.

Demikian adalah beberapa cara untuk menhjaga kesehatan jantung. semoga bermanfaat.
 


2 komentar: