Selasa, 15 Januari 2013

CARA MENJAGA KESEHATAN RAMBUT

Hai sobat, kali ini saya akan memberikan artikel yang saya khususkan untuk kaum hawa, tapi bukan berarti kaum pria tidak boleh membaca dn menerapkan tips yang saya berikan.
Kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana sih menjaga rambut agar tetap sehat dengan cara yang alami?

Nah seperti yang kita ketahui bersama, rambut adalah salah satu pelindung bagi kepala kita selain itu rambut adalah hiasan bagi kita bahkan ada perumpamaan bahwa rambut adalah mahkota bagi para kaum hawa.
Maka dari itu sudah selayaknya kita menjaga dan merawat rambut kita sebagai wujud syukur kepada Tuhan.

Untuk merawat rambut kita harus berhati-hati, apalagi penggunakan bahan kimia yang berlebihan sehingga akan mebuat rambut kita rusak.
Rambut rontok, yah rambut rontok adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh kaum hawa, rambut rontok itu bisa disebakan karena kurangnya perawatan pada rambut, kurang vitamin K, stres, atau bisa disebabkan karena penyakit. Rambut rontok jika tidak di atasi atau dicegah akan mengakibatkan kebotakan, tentu kita tidak mau kan kalau sampai kita mengalami itu. apalagi bagi kaum hawa,tentu itu akan sangat mengganggu penampilan.

Berikut cara merawat rambut dengan bahan alami:
  1. Lidah buaya. Siapkan 1 batang lidah buaya dengan ukuran besar. belah lidah buaya menjadi 2 bagian dan oleskan lendir lidah buaya pada rambut dan kulit kepala,diamkan beberapa menit, setelah itu bilas hngga bersih.lakukan hal ini secara rutin maka anda akan mendapatkan rambut yang sehat.
  2. Daun waru. Siapkan daun waru secukupnya dan tumbuklah sampai mengeluarkan lendir. peras hasil tumbukkan tadi lalu kemudian saring. Setelah disaring embunkan lendir tersebut selama 1 malam. Gunakan lendir yang sudah di embunkan tersebut pada harinya dengan cara mengoleskan pada rambut.
  3. Kemiri. ternyata kemiri tidak hanya di gunakan untuk bumbu dapur, melainkan juga bisa untuk perawatan rambut, yaitu dengan cara menumbuk kemiri sampai halus kemudian ditambahkan air lalu dimasak sampai mengeluarkan minyak. Dinginkan hasil rebusan tadi kemudian gosok-gosok minyak kemiri tadi ke rambut hingga meresap hingga kepori-pori, lakukan hal ini 3 kali seminggu maka anda bisa mendapatkan rambut yang sehat.
  4. Daun jeruk purut. Siapakam 3-4 gram daun jeruk ,kemudian remas-remas pada bagian rambut,namun  cara yang ini hanya dilakukan untuk masalah rambut berketombe. Lakukan 1 kali sehari untuk hasil yang maksimal.
Nah selain menggunakan bahan alami diatas, masih ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan rambut.
Berikut adalah 10 tips menjaga menjaga kesehatan rambut.
  1. Menyisir dan menyikat rambut. Sisir dan sikatlah rambut anda, karena selain untuk merapikan rambut, namun juga untuk meningkatkan suplai darah sehingga dapat mengaktifkan aktivitas sel-sel kulit kepala. Gunakanlah sisir dengan gigi berspasi lebar dan siakt berbulu halus. 
  2. Gunakan sampo yang tepat. Pilih sampo untuk rambut kering, normal, berminyak, berketombe, dll, sesuai kondisi rambut Anda. Cuci rambut Anda setidaknya dua kali seminggu. Selalu berkeramas dengan sampo setelah berenang di laut atau kolam renang untuk menyingkirkan garam dan klorin yang dapat merusak folikel rambut. Pastikan Anda selalu membilas rambut sampai bersih setelah selesai berkeramas.  
  3. Gunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner setelah keramas mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk menyisir rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Penggunaan kondisioner terutama sangat dibutuhkan bila rambut Anda kering.  
  4. Keringkan rambut basah dan jangan terlalu keras menggosok rambut dengan handuk. Saat rambut basah, strukturnya lebih rapuh sehingga harus dihindari menyisir atau menyikat terlalu kuat.  
  5. Variasikan gaya rambut. Jika memakai gaya rambut yang memerlukan tarikan  khususnya pada rambut anda para wanit,Sebaiknya diselingi gaya rambut lebih longgar untuk menghindari tarikan konstan yang menyebabkan ketegangan folikel sehingga rambut rontok.    
  6. Jaga kecukupan protein. Karena rambut terdiri dari protein (keratin), maka  penting sekali bagi Anda untuk mengikuti diet cukup protein untuk mempertahankan produksi rambut. Protein ditemukan pada daging, ikan, unggas, telur, susu, keju, sereal, kedelai dan kacang-kacangan.   
  7. Jangan terobsesi dengan masalah rambut. Jangan terlalu sering menyentuh atau menarik rambut terus-menerus.      
  8. Seimbangkan dan stabilkan kondisi emosi Anda. Seperti yang kita ketahui stres dapat memicu kerontokan rambut.  
  9. Jangan memakai wig. Penggunaan wig harus dihindari karena membuat kulit kepala Anda tidak dapat bernapas dengan baik dan mencekik lemas folikel Anda. namun penggunaan jilbab, helm, atau topi tidak akan merusak rambut Anda seperti wig, asalkan berhati-hati saat mengenakan dan melepaskannya.   
  10. Hindari sengatan matahari ke kulit kepala- dan tubuh. Kita semua tahu mengapa sengatan matahari bisa berdampak serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Sengatan matahari ke kulit kepala juga dapat menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut pembaca sekalian. Mudah-mudah dapat bermanfaat bagi pembaca.

Terimakasih sudah berkenan mampir ke blog saya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar