Kamis, 17 Januari 2013

10 MANFAAT BUAH PISANG

Hallo sobat,sekarang saya akan bagi-bagi info tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan .
siapa sih yang tidak mengenal buah pisang,mungkin buah inilah yang sobat konsumsi setiap hari sama seperti saya hehehe. 

manfaat buah pisang, pisang 

Pisang menpunyai banyak kandungan, dalam satu buah pisang mengandung gula yang lengkap yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Kandungan kalori pada buah pisang sekitar 90 kalori, nilai ini termasuk tinggi untuk kategori buah-buahan. Banyak olahragawan  menjadikan buah pisang sebagai buah favorit karena manfaat buah pisang yang sangat banyak dan baik bagi kesehatan.
Nah berikut adalah beberapa manfaat-manfaatnya buah pisang:
  1. Menurunkan Berat Badan. Dengan memakan 4 buah pisang dan meminum 4 gelas susu non fat atau bisa dengan susu cair setiap hari, minimal 3 hari seminggu, Kalorinya yang hanya 1250 menu ini pas dan cukup,akan membantu sobat untuk  menurunkan berat badan.
  2. Mengurangi Nyeri Haid dan Memperbaiki Mood. Nah ini manfaat buah pisang terutama bagi para kaum hawa, Kandungan B6 yang cukup tinggi dalam buah pisang akan membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang dapat membuat nyeri. Tidak hanya itu pisang memiliki triptofan, senyawa amino yang membantu tubuh memproduksi  serotonin, Neorotransmiter ini membantu sobat untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami. Nah bagi kaum hawa yang ingin Haidnya lancar tanpa rasa nyeri, konsumsilah banyak buah pisang.
  3. Sebagai Sumber Energi. Pisang kaya akan kandungan karbonhidrat yang sehat, karbonhidrat inilah yang berperan untuk meningkatkan energi. Mengonsumsi pisang saat sarapan atau setelah berolahraga dapat menjadi car terbaik untuk menghilangkan rasa lelah serta mengganti energi tanpa harus mengkonsumsi minuman manis.
  4. Menyehatkan Saluran Cerna. Pisang mengandung serat, karbonhidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu gerakan usus agar tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. tapi tidak hanya itu saja, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu kekambuhan bagi sobat yang mederita sakit maag. Makan pisang secara rutin dapat mengurangi resiko kanker lambung. Bagi sobat yang mengalami masalah dalam pencernaan dapat menambahkan pisang ke menu harian sobat.
  5. Menyehatkan Penglihatan. Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat yang besar bagi penglihatan. Makan minimal 3 buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau yang biasa disebut dengan Degenerasi Makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih buah pisang perhari 36% lebih rendah untuk mengalami Degenerasi Makula daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari 1,5 perhari.
  6. Memperkuat Tulang. Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut Fructooligosaccharide. kandunagn inilah yang memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang membantu tubuh sobat menyerap kalsium, sehingga akan meberikan sobat sekalian tulang yang kuat. bahkan pisang mampu mencegah hilangnya kalsium karena pisang memiliki kandungan potasium, sehingga sobat yang suak mengonsumsi buah pisang memiliki resiko lebih rendah terserang Osteoporosis di kemudian hari.
  7. Sumber Kalium Terbaik. Makan pisang adalah cara termudah untuk memperoleh kecukupan potasium untuk tubuh kita. Kandungan potasium memberikan efek menenangkan pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh,dengan makan pisang maka akan membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.
  8. Menurunkan  Tekanan Darah. Pisang memiliki kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah ,itu merupakan kombinasi yang tepat untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko stroke. Karena itulah dokter sering menyarankan pasien dengan tekana darah tinggi (hipertensi) untuk menambah lebih banyak pisang kedalam menu diet mereka.
  9. Meningkatkan Fungsi Ginjal. Kandunagan potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik untuk ginjal. Ketika tubuh mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin, kondisi akan membuat ginjal sobat tetap berfungsi dengan baik. Dan perlu sobat ketahui, bahwa pisang memiliki tingkat senyawa felonik antioksidan yang tinggi , yang berperan membantu melindungi ginjal.
  10. Sebagai Sumber Tenaga. Kandungan gula dala pisang dengan mudah dapat dicerna dan diubah menjadi sumber tenaga, sehingga sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. 
Nah itulah beberapa manfaat buah pisang,ada banyak alasan untuk kita menyukai buah pisang ,selain rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau ada segudang manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi buah pisang. 
Semoga dengan membaca artikel di atas, sobat pembaca yang belum menyukai pisang ,bisa mulai menambahkan buah pisang kedalam menu harian sobat sekalian.

1 komentar: